PEMBENTUKAN PRILAKU SOSIAL






1. Perilaku dan karakteristik orang lain.

Jika seseorang lebih sering bergaul dengan orang-orang yang memiliki karakter santun , ada kemungkinan besar ia akan berperilaku seperti kebanyakan orang-orang karakter santun dalam lingkungan pergaulannya.
Sebaliknya, jika ia bergaul dengan orang-orang berkarakter sombong, maka ia akan terpengaruh oleh perilaku seperti itu.

Pada aspek ini guru memegang peranan penting sebagai sosok yang akan dapat mempengaruhi penbentukan perilaku sosial siswa karena ia akan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam mengarahkan siswa untuk melakukan sesuatu perbuatan.

2. Proses kognitif

Ingatan dan pikiran yang memuat ide-ide, keyakinan dan pertimbangan yang menjadi dasar kesadaran seseorang akan berpengaruh terhadap perilaku sosialnya.

Misalnya seorang calon pelatih yang terus berfikir agak kelak dikemudian hari menjadi pelatih yang baik.

Contoh lain misalnya seorang siswa karen selalu memperoleh tantangan dan pengalaman sukses dalam pembelajaran penjas maka ia memiliki sikap positif terhadap aktivitas jasmani yang ditunjukan oleh prilaku sosialnya yang akan mendukung teman-teman nya untuk beraktivitas jasmani dengan benar.

3. Faktor lingkungan

Lingkungan alam terkadang dapat mempengaruhi prilaku sosial seseorang. Misalnya orang yang berasal dari daerah pegunungan yang terbiasa berbicara keras, maka perilaku sosial nya seolah keras pula.

4. Latar budaya sebagai tempat perilaku dan pemikiran sosial otu terjadi

Misalnya seseorang yang berasal dari etnis budaya tentu mungkin akan terasa berperilaku sosial yang aneh ketika berada dalam lingkungan masyarakat yang berasal dari etnis budaya yang lain atau berbeda.

Sekian dan terima kasih

Semoga bermanfaat guys ..

Komentar