MENGENAL 4 KEBUTUHAN DASAR MANUSIA






Belajar Psikologi

Mengenal Empat Kebutuhan Dasar Manusia.

Erick H. Erickson, seorang Psikolog yg mencetuskan teori "Krisis Identitas Ego" mengemukakan adanya 4 kebutuhan dasar manusia yg mendasari integritas Ego seseorang.
1. Penerimaan
2. Penghargaan
3. Kasih sayang &
4. Intimasi
Keempat kebutuhan dasar tersebut akan melandasi keberhasilan seseorang dalam menjalin relasi emosional dengan sesama. Kosongnya satu atau lebih, bahkan empat kebutuhan dasar tersebut akan membuat seseorang mengembangkan penyimpanan perilaku terhadap pasangan & orang-orang disekitarnya. Ciri keberhasilan seseorang dalam relasi emosional adalah kesanggupan untuk membuka diri serta membiarkan dirinya terlihat secara transparan oleh pasangan & orang-orang disekitarnya. Mampu berkomitmen untuk hubungan jangka panjang serta mampu memberikan rasa hormat secara wajar. Dan yg utama adalah tidak posesive.

So..... Tidak seorang pun bebas dari intimidasi masa lalu. Namun jika kasih Tuhan menguasai hidupmu, Kasih itulah yg akan memberimu jalan untuk melepaskanmu dari intimidasi masa lalu, agar kamu mampu mencintai dirimu & pasanganmu dengan apa adanya.

Komentar