BENTUK DAN JENIS PRILAKU SOSIAL


• Prilaku sosial seseorang dapat juga ditunjukan oleh sikap sosialnya.
Menurut Akyas Azhari (2004:161) adalah suatu cara bereaksi terhadap suatu perangsang tertentu. Sedangkan sikap sosial dinyatakan oleh cara-cara kegiatan yang sama dan berulang-ulang terhadap objek sosial yang menyebabkan terjadinya cara-cara tingkah laku yang dinyatakan berulang-ulang terhadap salah satu objek sosial (W.A. Gerungan, 1978:151-152).

• Berbagai bentuk dan jenis perilaku sosial seseorang pada dasarnya merupakan karakter atau ciri keperibadian yang dapat teramati ketika seseorang berinteraksi dengan orang lain.

Perilaku sosial dapat di lihat melalui sifat-sifat dan pola respon antar pribadi,yaitu:

1. Kecendrungan prilaku
• Orang yang memiliki sifat pemberani secara sosial, biasanya dia suka mempertahankan dan membela haknya, tidak malu malu dan tidak segan melakukan suatu perbuatan yang sesuai norma di masyarakan dalam mengedepan kan kepentingan diri sendiri sekuat tenaga.
• Orang yang memiliki sifat sok berkuasa dalam prilaku sosial biasanya ditunjukan oleh prilaku seperti berrindak tegas, berorientasi kepada kekuatan, percaya diri, kemauan keras
• Orang yang memiliki sifat inisiatif biasanya suka berorganisasi kelompok, tidak suka mempersoalkan latar belakang, suka memberi masukan dan saran dalam berbagai pertemuan.
• Orang yang punya sifat mandiri biasanya membuat segala sesuatunya dilakukan oleh diri sendiri, seperti memberi rencana sendiri, melakukan sesuatu dengan cara-cara sendiri dengan secara emosional cukup setabil. Sedangkan sifat orang yang tergantungan cendrung menunjukan perilaku sosial sebaliknya dari sifat orang mandiri, misalnya membuat rencana dan melakukan segala sesuatu harus mendapat saran atau masukan orang lain. Keadaan emosional relatif labil.


Komentar